BLANTERVIO103

Shapefile Lahan Kritis Terbaru

Shapefile Lahan Kritis Terbaru
7/11/2024
Shapefile Lahan Kritis Terbaru

Lahan kritis merupakan salah satu isu penting dalam pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan. Identifikasi dan pemetaan lahan kritis menjadi langkah awal yang vital dalam upaya rehabilitasi dan pengelolaan yang berkelanjutan. Dalam artikel ini, kita akan membahas Shapefile (SHP) Lahan Kritis serta bagaimana data tersebut dapat membantu dalam pengambilan keputusan yang lebih baik.

Apa itu Lahan Kritis?

Lahan kritis merupakan lahan yang mengalami kerusakan ekosistem, baik secara fisik, kimia, maupun biologis, sehingga kehilangan fungsi dan produktivitasnya. Faktor-faktor yang menyebabkan lahan menjadi kritis meliputi erosi, pencemaran, penebangan hutan, dan konversi lahan secara tidak terkendali.

Lahan kritis adalah lahan yang sudah tidak berfungsi lagi sebagai media pengatur tata air dan unsur produktivitas lahan sehingga menyebabkan terganggunya keseimbangan ekosistem DAS. Peta Lahan Kritis adalah peta sebaran kekritisan lahan.

Data SHP Lahan Kritis

Penyusunan Peta Lahan Kritis ditujukan untuk mengetahui sebaran kekritisan lahan. Peta Lahan Kritis merupakan salah satu unsur penting yang digunakan dalam melakukan telaah lokasi rehabilitasi hutan dan lahan dalam upaya untuk memulihkan, mempertahankan, dan meningkatkan fungsi hutan dan lahan

Dasar data SHP ini adalah Surat Keputusan Menteri LHK Nomor SK.49/PDAS/2022 tentang Penetapan Peta dan Data Lahan Kritis Tahun 2022. 

Dengan adanya data Shapefile Lahan Kritis merupakan langkah penting dalam pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan. Dengan memahami kondisi dan penyebaran lahan kritis, kita dapat mengambil tindakan yang lebih tepat dalam upaya pelestarian dan rehabilitasi lingkungan.

Shapefile Lahan Kritis Terbaru


Jika berminat mendapatkan data format SHP Shapefile diatas, silahkan hubungi admin melalui Contact Form/Whatsapp. Jika tidak ada halangan dan kesibukan lainnya, admin akan langsung merespon pesan yang teman-teman kirimkan.

Baca Juga:

1. Daftar kumpulan data shapefile (SHP) berbagai tema.
2. Kumpulan Tutorial GIS dan Remote Sensing

Baiklah sekian dulu untuk sharing kali ini tentang SHP Lahan Kritis. Jika ada saran, tanggapan, pertanyaan, link mati serta request silakan gunakan kotak komentar, halaman kontak atau sosial media yang ada di website Lapak GIS. Terima Kasih.

Share This Article :
Lapak GIS

Lapak GIS adalah Tempat Berbagi Pengetahuan tentang Geographic Information System (GIS) dan Remote Sensing (Pengindraan Jauh).

6210244686568305774